Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
MIS KARYA SHABIRAH
Kelas : II
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Semester : II (dua)
Alokasi waktu : 6
x 35 ( 3 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi
(panas, listrik,
cahaya, dan bunyi)
yang ada di lingkungan sekitar.
C. Indikator
·
Menyebutkan sumber energi panas.
·
Menyebutkan sumber energi listrik.
·
Menyebutkan sumber energi cahaya.
·
Menyebutkan sumber energi bunyi.
·
Membuat mainan yang
dapat menimbulkan energi bunyi.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Menyebutkan sumber-sumber energi
(panas, listrik,
cahaya, dan bunyi).
2.
Membuat mainan yang dapat menimbulkan bunyi.
E. Materi Pembelajaran
1.
Sumber-sumber energi
(panas, listrik,
cahaya, dan bunyi).
2.
Mainan yang dapat berbunyi.
F. Metode Pembelajaran
1.
Model
Pembelajaran
a. Creatif Thinking
b. Analisis Consept
2.
Metode
a. Pengamatan (observasi)
b. tanyaya jawab
c. Tugas
G. Langkah-Langkah Kegiatan
1.
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
1)
Memotivasi siswa: nyalakan lampu dan tanyakan kepada siswa bagaimana keadaan ruangan.
2) Pengetahuan prasyarat: tanyakan apakah siswa pernah membantu menjemur pakaian, untuk apa
pakaian dijemur.
b. Kegiatan Inti
1)
Guru mempresentasikan beberapa sumber energi.
2)
Mengajak siswa
membaca buku materi
untuk lebih memahami konsep energi.
3) Ajaklah siswa
keluar kelas
(menuju beberapa peralatan) yang
menggunakan energi panas ataupun energi listrik.
4)
Guru menunjukkan beberapa sumber energi
panas dan listrik.
5)
Tanyakan kepada siswa
beberapa energi yang telah diperkenalkan.
6)
Guru membimbing siswa
membuat catatatan.
c. Penutup
1)
Uji kompetensi disampaikan lisan.
2)
Memberi penghargaan hasil tugas.
2.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
1)
Tanya jawab tentang sumber energi
panas dan listrik.
2) Pengetahuan prasyarat, tanyakan mengapa
malam hari tampak gelap, dan siang hari tampak terang benderang.
b. Kegiatan Inti
1)
Guru membimbing siswa membuat tabel pengamatan.
2)
Tunjukkan beberapa sumber-sumber energi
cahaya dan bunyi:
a)
nyalakan lampu listrik
b)
nyalakan lampu senter
c)
bunyikan
terompet
d)
bunyikan
alat musik
e)
bunyikan bel
3)
Arahkan
siswa agar
dapat melengkapi tabel satu
demi satu.
4)
Mintalah kepada siswa
untuk mempresentasikan (membaca hasil pengamatan).
5) Guru memberikan tugas kepada tiap siswa
untuk mencari informasi
dan menuliskan sumber energi cahaya dan bunyi yang lain.
c. Penutup
1)
Guru membimbing siswa
membuat catatan.
2)
Uji kompetensi.
3.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
1)
Memotivasi siswa:
tunjukkan mainan gitar sederhana pada siswa.
2)
Mempersiapkan peralatan pembuatan mainan.
b. Kegiatan Inti
1)
Guru menunjukkan/memberi contoh
pembuatan gitar sederhana.
2)
Mintalah siswa
mempersiapkan peralatannya dan bimbinglah
siswa, tahap demi tahap.
3)
Mintalah siswa
mencoba peralatan
yang sudah dibuatnya dengan bernyanyi.
c. Penutup
1)
Memberi penghargaan hasil karya siswa.
2)
Memajang hasil karya siswa.
H. Sumber Belajar
1. Buku
IPA Seri Tematik Kelas II SD dan MI, Sri Lestari,
dkk.
2. Lingkungan sekitar
3. Bahan bekas (untuk
membuat gitar)
I. Penilaian Hasil Belajar
1 Teknik Penilaian
a. Tes: lisan
b. Unjuk kerja: uji petik kerja produk
2.
Bentuk Instrumen
a. Tes lisan
1)
Matahari sumber energi
. . . dan . . . .
2)
Kayu bakar
sumber energi . . . .
3)
Lampu senter sumber energi
. . . .
4)
Tape recorder sumber
energi . .
5)
Kipas angin dapat bergerak karena energi . . . .
KOLAM, 10-01-2017
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MAPEL
........................................ SOFIYAN .
NIP : NIP:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SD/MI . . . Kelas : II
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Tema : Hidup Hemat


Semester : II (dua)
Standar Kompetensi
3.
Mengenal berbagai sumber energi
yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya.
Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi jenis energi
yang sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya.
Indikator
• Mengidentifikasi jenis energi yang sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
• Mempraktikkan cara-cara menghemat energi.
• Menyebutkan cara menghemat energi.
Alokasi Waktu
2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Memberi contoh
jenis-jenis energi yang sering
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Melakukan cara-cara menghemat energi.
3.
Menyebutkan cara
menghemat energi.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Energi yang dimanfaatkan dalam
kehidupan.
2.
Cara
menghemat sumber energi.
C.
Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran a. Analisis
Consept b. Creatif Thinking
2.
Metode
a. Pengamatan (observasi)
b. Demonstrasi c.
Tugas
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
1.
Kegiatan Awal
a. Memotivasi siswa:
tanyakan kepada siswa apa
sebab pakaian
yang dijemur dapat kering?
b. Pengetahuan prasyarat:
tanyakan kepada anak-anak dengan apa penerangan rumah, menggunakan apa
ibu memasak.
2.
Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa membuat tabel pengumpulan data seperti yang dibuat guru.
Misal:
No.
|
Nama Siswa
|
Penggunaan Energi di Rumah
|
|||
Masak
|
Penerangan
|
Seterika
|
Televisi/Tape
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
b. Guru menanyakan kepada sepuluh siswa,
energi yang
digunakan di rumah, dan meminta siswa lain mencatat.
c. Meminta
beberapa siswa membacakan data
yang telah ditulis,
dilanjutnya tanya jawab singkat.
d.
Anak-anak diajak mempraktikkan cara-cara menghemat energi. Siswa hanya diminta menghidupkan dan mematikan lampu, kipas angin,
tape, kran air, dan seterusnya.
e. Guru membagikan lembar kerja yang harus dilengkapi siswa (gambar peristiwa yang berhubungan dengan cara
menghemat energi).
f. Guru memeriksa apakah siswa
sudah dapat bekerja
sesuai petunjuk, dan guru
memberikan bimbingan.
g.
Membahas hasil tugas siswa.
c. Penutup
a. Guru membimbing membuat catatan. b. Uji kompetensi.
E.
Sumber Belajar
1.
Buku IPA Seri Tematik Kelas II SD dan MI, Sri Lestari,
dkk.
2.
Lingkungan sekolah
F. Penilaian Hasil
Belajar
1.
Teknik Penilaian
a. Tes: lisan
b. Unjuk kerja: uji petik kerja proses
2.
Bentuk Instrumen
a. Tes lisan
1)
Penerangan rumah
menggunakan . . . .
2)
Kayu bakar
menghasilkan energi . . . .
3)
Lampu tidur menggunakan lampu yang . . . .
4)
Bila
bak
air penuh kran harus . . . .
5)
Televisi
yang tidak dilihat sebaiknya .
. . .
b. Uji petik kerja proses
1)
Materi: praktik menghemat energi
(5 kegiatan)
2) Kriteria

a)
Setiap kegiatan dilakukan
benar diberi
skor 2. b)
Skor maksimal 10.


,
Mengetahui,


Kepala SD/MI
Guru Mata Pelajaran

NIP.
NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SD/MI . . . Kelas : II
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Tema : Sumber Kehidupan


Semester : II (dua)
Standar Kompetensi
4.
Memahami peristiwa
alam dan pengaruh matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari
pada pagi, siang, dan sore
hari.
4.2 Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
• Menjelaskan kenampakan matahari pada waktu pagi, siang, dan sore hari.
• Menyebutkan pengaruh kedudukan matahari (pagi, siang, dan sore hari).
• Menggambar bayangan
benda pada waktu pagi, siang, dan sore
hari.
• Menyebutkan kegunaan
panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
• Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari bagi tubuh.
• Bertindak tepat dan logis terhadap pengaruh
panas matahari dalam
kegiatan sehari-hari.
Alokasi Waktu
8 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menjelaskan kenampakan matahari
pagi, siang, dan sore hari.
2.
Menjelaskan pengaruh kedudukan
matahari pagi, siang, dan sore hari.
3.
Membandingkan gambar bayangan benda di waktu pagi, siang, dan sore
hari.
4.
Menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
5.
Melakukan tindakan yang tepat
terhadap pengaruh
panas dan cahaya matahari.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Kedudukan matahari.
2.
Pengaruh kedudukan matahari.
3.
Kegunaan cahaya dan panas matahari.
4.
Pengaruh panas dan cahaya matahari.
C.
Metode Pembelajaran
1.
Model
Pembelajaran
a. CTL
b. Creatif Thanking
c. Analisis
Consept
2.
Metode
a. Pegamatan (observasi)
b. Tanya jawab c. Tugas
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
1.
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
1) Memotivasi siswa:
tampilkan gambar matahari yang sedang terbit. Suasana lingkungan yang mendukung.Tanyakan pada anak, suasana tersebut menggambarkan waktu apa.
2)
Apakah
anak-anak bernyanyi:
a)
Waktu Pagi/Pagi yang Indah b)
Waktu Menyingsing Fajar
c)
Pagi Sunyi Senyap
d)
Matahari
Bersinar Mengganti
Malam Gelap
e)
Tampak Sekuntum Bunga
di Depan Rumahku
b. Kegiatan Inti
1)
Guru mempresentasikan pengetahuan umum tentang matahari.
2)
Buatlah
undian sebanyak siswa,
bertuliskan pagi, siang, sore dengan jumlah hampir sama.
3) Mintalah
siswa menuliskan kenampakan (deskripsi) matahari waktu pagi,
siang, dan sore, menurut undian.
4)
Guru meminta beberapa siswa
membacakan hasil deskripsi.
5)
Mintalah siswa
membaca buku materi
tentang kedudukan
matahari.
6)
Mintalah para
siswa mengulang mendeskripsikan kenampakan matahari
menurut tugasnya.
c. Penutup
1)
Guru membimbing siswa
membuat catatan.
2)
Uji kompetensi disampaikan secara lisan.
2.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
1)
Memotivsi siswa:
tanyakan bagaimanakah penampakan matahari dari waktu ke waktu.
2) Pengetahuan prasyarat: tanyakan mengapa di bumi ada
tempat yang teduh dan ada
tempat yang panas.
b. Kegiatan Inti
1)
Ajaklah siswa
keluar kelas, tancapkan beberapa tongkat
di tanah lapang.
2)
Mintalah
siswa mengamati tempat gelap
(bayangan) tongkat dari
waktu ke
waktu selang
30
menit.
No.
|
Jam
|
Panjang Bayangan
|
1.
|
07.30
08.00
08.30
09.00
|
. . . cm
. . . cm
. . . cm
. . . cm
|
3)
Guru membimbing siswa
mengambil ukuran bayangan benda.
4)
Mintalah beberapa siswa
membaca hasil pengamatan.
5)
Guru menuntun siswa
membuat kesimpulan.
c. Penutup
1)
Uji kompetensi.
2)
Memberi penghargaan hasil kerja siswa
dan memajangnya.
3.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
1)
Memotivasi siswa:
tanyakan waktu apakah pancaran
matahari terasa panas.
2)
Pengetahuan prasyarat: tanyakan mengapa kita menjemur pakaian di siang
hari.
b. Kegiatan Inti
1) Siswa
diajak
ke luar kelas
mengamati kegiatan
masyarakat yang memanfaatkan panas dan cahaya matahari.
2)
Guru
membimbing dan menunjukkan kegiatan masyarakat
yang memanfaatkan panas matahari dan meminta siswa mencatat dengan bahasa sendiri.
3)
Guru meminta beberapa siswa
membacakan hasil pengamatan, guru menulisnya.
4)
Guru menuntun siswa
dengan tanya jawab, untuk meluruskan jawaban siswa.
5)
Guru meminta agar siswa
mencoba mengerjakan lembar kegiatan.
6) Guru memeriksa apakah siswa
sudah bekerja
dengan benar, dan memberi bimbingan siswa yang mendapat kesulitan.
c. Penutup
1)
Guru membimbing siswa
membuat catatan.
2)
Memberi penghargaan pekerjaan siswa.
3)
Uji kompetensi disampaikan secara lisan.
4.
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan Awal
1) Memotivasi siswa:
tanyakan kapan sinar matahari terasa
paling panas (pagi, siang, dan sore hari).
2)
Pengetahuan prasyarat: tanyakan apa
yang dilakukan orang saat terik matahari.
b. Kegiatan Inti
1)
Guru menyampaikan pengetahuan dan keterampilan logis, tindakan tepat untuk mengantisipasi cahaya dan panas matahari.
2)
Guru menyiapkan peralatan, topi, caping,
kaca mata
hitam, kipas (masing-masing 5 buah).
3)
Guru meminta lima siswa maju ke depan dan melakukan tindakan logis sesuai perintah/petunjuk guru.
4)
Guru meminta kepada setiap siswa
mencoba mengerjakan lembar kerja.
5) Guru memeriksa apakah siswa
sudah bekerja
dengan benar, dan membimbing siswa
yang mendapat kesulitan.
c. Penutup
1)
Membahas hasil tugas siswa.
2)
Membimbing
siswa membuat catatan.
3)
Uji kompetensi.
E.
Sumber Belajar
1.
Buku IPA Seri Tematik Kelas II SD dan MI, Sri Lestari,
dkk.
2.
Lingkungan sekitar
F. Penilaian Hasil
Belajar
1.
Teknik Penilaian
a. Tes: lisan
b. Unjuk kerja: uji petik kerja produk
2.
Bentuk Instrumen
a. Tes lisan
1)
Matahari terbit di sebelah . . . .
2)
Matahari saat terbit berwarna .
. . .
3)
Pakaian yang dijemur dapat .
. . .
4)
Bila silau memakai kaca
mata berwarna .
. . .
5)
Sore
hari matahari jatuh . . . .
b. Uji petik kerja produk
1)
Materi: menggambar bayangan benda.
2) Kriteria
a)
Kerapian = 1–10 b) Kebermaknaan = 1–30 c) Kesan = 1–10
––––––

50


,
Mengetahui,


Kepala SD/MI
Guru Mata Pelajaran

NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar