RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Nama
Sekolah : MIS
KARYA SHABIRAH
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : II/1
Materi
Pokok :
Peristiwa penting dalam keluarga
Alokasi
Waktu :
2 X 35 ( 1 Pertemuan )
A.
Kompetensi
Inti
1.
KI-1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
KI-2 Memiliki perilaku jujur,disiplin dan
tanggung jawab santun, peduli dan percya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga teman dan guru.
3.
KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar,melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingintahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpai dirumah dan disekolah.
4.
KI-4 Menyajikan pengetahuna secara factual
dalam bahasa uang jelas dan logis. Dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat dan dalam mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDICATOR PENCAPAIAN KOPETENSI
|
|
3.1 Menceritakan
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
|
3.1.1
Menceritakan
peristiwa penting yang menyenangkan dalam keluarga
3.1.2
Menceritakan
peristiwa penting yang tidak menyenangkan dalam keluarga
|
C.
Materi
Pembelajaran
Peristiwa adalah kejadian yang benar-benar
terjadi. Setiap orang pasti pernah mengalami peristiwa dalam hidupnya.
Peristiwa penting biasanya selalu kita
ingat, karena hanya terjadi sekali. Peristiwa penting tersebut juga ada yang
menyenangkan dan ada pula yang tidak menyenangkan. Peristiwa yang menyenangkan
seperti: pernikahan, kelahiran seorang anak, merayakan hari ulang tahun, masuk
sekolah dasar. Dan peristiwa yang tidak menyenangkan seperti: dirawat dirumah
sakit, jatuh saat bermain sepeda, tidak naik kelas.
D.
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
1. Mengajak
semua siswa berdoa sesui dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
2. Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran dan juga mengajak bernyayi.
|
15
menit
|
2
|
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
a.
Guru memberikan materi sebagai pengantar
b.
Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi
2. Elaborasi
a.
Siswa mengamati gambar yang ditampilkan oleh
guru
b.
Perwakilan kelompok secara bergantian maju ke depan untuk
menunjukkan gambar dan menceritakan peristiwa yang ada di gambar.
3. Konfimasi
a.
Guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk
menyimpulkan dari gambar yang ditampilkan.
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
|
40 menit
|
3
|
Penutup
1.
Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari pelajaran.
2.
Melakukan
penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram.
3.
Guru
menyuruh perwakilan siswa untuk memimpin doa penutup sebagai berakhirnya
pelajaran.
|
15
menit
|
E.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
1. Media /
Alat
§ Gambar
Peristiwa penting dalam keluarga
2. Bahan
§ Kertas
HVS
§ Spidol
3. Sumber
Belajar
§ Buku IPS kelas II
F. PENILAIAN
·
Penilaian
dalam bentuk tes tertulis
Prosedur penilaian : Penilaian proses dan hasil
a)
Penilaian Proses
NO
|
NAMA
SISWA
|
KEAKTIFAN
|
KERJA
SAMA
|
KETELITIAN
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
KETERANGAN
:
A :
Sangat Baik C : Cukup
B : Baik D : Kurang Baik
b) Penilaian hasil
Tes tertulis ( soal uraian )
1. Apa yang dimaksud dengan peristiwa penting ?
2. Mengapa peristiwa penting harus selalu
kita ingat ?
3. Sebutkan contoh peristiwa penting yang
menyenangkan yang pernah kamu alami !
4. Termasuk peristiwa apakah melihat pasar
malam yang diadakan dikampung ?
5. Peristiwa tidak menyenangkan apakah yang
pernah kamu alami di sekolah ?
Pedoman penilaian
No
|
Penilaian/soal
|
Skor
|
1
|
Jawaban benar
|
20
|
2
|
Jawaban benar
|
20
|
3
|
Jawaban benar
|
20
|
4
|
Jawaban benar
|
20
|
5
|
Jawaban
benar
|
20
|
TOTAL
|
100
|
. .......,..........................20..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mapel
........................................
SOFIYAN .
NIP
: NIM :
36143001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar